Tuesday, July 15, 2008

Entahlah...

Sebuah tema diskusi "onlen" yang cukup menarik untuk jadi bahan pembelajaran diri. Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke salah satu blog yang saya fikir "cukup" menarik minimal buat saya, dari materi muatan postingnya. Bahasan kali itu tentang posting yang mengandung atau lebih tepat disebut kategorisasi posting "personal". Semoga apa yang saya tulis ini pun tidak lantas menjadi sebuah bentuk klarifikasi yang perlu di buat beberapa episode dalam sebuah tulisan, atau memang dirasa perlu untuk itu, adalah sebagai hal lain dalam rangka eksplorasi sebuah pemikiran/sikap diri, so nop (no problem).

Saya pribadi berpandangan bahwa setiap apa yang bisa dikonsumsi oleh publik/umum baik akhirnya melalui sebuah postingan/bentuk lain, maka saya yang berpandangan bahwa si penulis/si empunya tulisan tersebut sudah berfikir akan hal apa, akibat dari apa yang ditulisnya, mengenai bernilai positif atau negatif maka biarkanlah khalayak umum yaitu pembacanya yang akan menilai. Tentu dengan sepenuh kesadaran sang penulis bahwa apa yang "bakalan" ditulis tersebut adalah sesuatu yang mungkin bisa dibagi dengan diceritakan ulang melalui sebuah tulisan. Bagaimana juga akhirnya tulisan ini akan menjadi tools sebagai salah satu kontrol sejauh mana "kebebasan" berekpresi (toh sejatinya tidak ada sebuah kebebasan yang mutlak, karena ia dibatasi oleh norma-norma sodial atau hukum dalam suatu masyarakat tertentu).

Bukan juga bermaksud menyimpulkan terhadap suatu peristiwa/kejadian yang ada ini, mungkin lebih tepatnya bagaimana kita melihat sebuah dinamika yang ada di sekitar kita dalam kacamata multidispliner yang lebih luas, tentu harus pula disertai tanggung jawab baik individu maupun secara bersama.

Memulai sesuatu dengan kesalahan jauh lebih baik dari pada tidak pernah mau memulai bukan? Asal dengan kesalahan tersebut kita mau belajar.

Wallahu'alam

2 comments:

Amrie Hakim said...

saya sepertinya belum pernah merasa se-setuju ini dengan nur..

dasiLia said...

Yes, setuju Mba Noerce...Learn from our mistakes :)